Minggu, 26 April 2015

Air Terjun Banyu Langsih Tuban

Air terjun banyu langsih merupakan salah satu air terjun yang sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat tuban. Biasanya anak-anak muda menyebutnya WBL (Wisata Banyu Langsih). meskipun tidak sepopuler air terjun nglirip namun air terjun banyu langsih menawarkan pesona alam yang cukup indah bagi pengunjungnya.

Air terjun banyu langsih terletak di desa Boto Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban, dengan koordinat -6.918173,112.003774. Untuk menuju ke lokasi ini  tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 15 menitan dari pusat kota.

Gang masuk air terjun banyu langsih
Dari alun-alun kota Tuban ambil arah semarang, sampai di pertigaan Rest Area belok kiri. Ketemu bulatan patung Letda Sucipto belok kanan mentok ketemu pertigaan belok kiri. Di pertigaan SMPN 4 belok kanan dan ikuti jalan utama melewati Perumahan Semen Gresik (SI). Setelah jembatan kecil ada perempatan belok kiri, lurus saja melewati persawahan. Setelah SDN Tegalrejo ada pertigaan belok kanan sampai masuk desa Boto. Setelah Balai desa Boto terdapat pertigaan gang Banyu Langsih belok kiri sampai terlihat sungai.[lihat peta disini]

Saat sampai anda akan merasakan kesejukan udara dan rindangnya pepohonan bambu yang  berjajar di pinggir sungai. Suara gemericik air terjun sudah terdengar saat anda memarkirkan kendaraan. Air terjun banyu langsih memiliki beberapa air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda, banyak sekali batu-batu besar yang mengapit aliran air.

aktivitas mencuci warga
Selain sebagai tempat wisata, lokasi ini juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mandi, mencuci dan memandikan hewan ternak namun agak jauh dari air terjun. Jika ingin ke air terjun Banyu langsih sebaiknya tidak terlalu pagi atau terlalu sore karena biasanya banyak orang mandi dan sebagian diantaranya tidak berbusana (yang cowok jangan ngeres, yang mandi bugil itu cowok juga!).

oke, selamat berlibur akhir pekan..... salam lertari dan jangan nyampah!...










6 komentar:

  1. Blog dan artikelnya menarik sekali untuk disimak, sayang banget jika sampai terlewatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkunjung ke tuban sayang banget jika melewatkan kesempatan mengunjungi air terjun banyu langsih, karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota.

      Hapus
  2. Balasan
    1. iya masuk gg. banyu langsih mentok sudah sampai kali, parkir motor turun arah kanan sudah terlihat air terjunnya.

      Hapus