Selasa, 07 April 2015

Jembatan Cincin Lama Babat

Berada di Sungelebak, kota Babat Kabupaten Lamongan. Dari Pasar Babat ke arah kab. bojonegoro sebelum gapura masuk Bojonegoro belok kanan. Dengan titik koordinat -7.109836,112.154464 . [lihat lokasi di sini]

Jembatan cincin lama babat merupakan jembatan bekas rel kereta api peninggalan kolonial Belanda dan sudah tidak beroperasi sejak tahun 1980-an. Saat ini jembatan cincin lama dijadikan jalur alternatif warga sekitar karena jembatan yang baru berjarak sekitar 2 km. dari jembatan lama.

Jembatan ini sering dijadikan lokasi hunting foto komunitas fotografi daerah Lamongan, Tuban dan Bojonegoro. tidak jarang pula ada pasangan pengantin melakukan pemotretan prewedding di lokasi ini.

Selain rangka besi yg kokoh & balok-balok kayu tua, keunikan jembatan sepanjang 300 meteran yg melintasi bengawan solo ini adalah menjadi jembatan penghubung perbatasan 3 kabupaten. yakni Tuban, lamongan & bojonegoro. Ada sensasi ketegangan saat melintas.
Karena faktor usia jembatan yang sudah tua dan banyak balok kayu yang keropos maka jembatan ini hanya dipergunakan untuk lalu-lalang kendaraan kecil saja (onthel, motor, becak).

Bagian ujung kedua sisi jembatan terdapat dua lengkungan besi yang menambah keunikan jembatan cincin lama. Jadi ketika anda melintas di daerah babat atau belanja di pasar Babat silahkan saja mampir ke jembatan cincin lama dan menikmati kesegaran es teh di warung bawah jembatan.








2 komentar: